NONTON TV DA PAI....

PERCHA LEANPURI,CALON SENATOR TERMUDA DI INDONESIA BERASAL DARI KOMERING

Senin, 20 Oktober 2008
Share



CALON senator Sumsel yang satu ini paling muda di antara 41 nama yang masuk dalam daftar sementara DPD Sumsel. Namanya Percha Leanpuri. Umurnya baru 22 tahun.
Ia adalah putri sulung Bupati OKUT Herman Deru. Berikut ini wawancara khusus Sripo Herman dengan Hajah Percha Leanpuri B.Bus (biasa dipanggil Titi). Wawancara dengan gadis kelahiran Belitang 24 Juni 1986 itu dilakukan via email, Minggu (12/10).
Namanya yang unik rupanya merupakan akronim. Percha (Percampuran) Leanpuri (Lematang Ogan Lampung Komering).
Apa komentar sang ayah tentang putrinya itu? Percha kita harapkan akan
dapat mewakili aspirasi seluruh masyarakat Sumsel khususnya yang ada di Kabupaten OKU, OKU Timur dan OKU Selatan,”ujar Deru.Usia yang belia menurut Deru bukan jadi penghalang. Apalagi soal politik bukan hal asing bagi cucu Husni, mantan walikota Palembang ini.
Titi saat ini masih duduk di bangku kuliah S2 di University Of Ballarat Malaysia setelah November 2007 silam menamatkan S1-nya di Victoria University (Sunway College) Malaysia.Apa kabar Percha? Bagaimana dengan perkuliahan di Kuala Lumpur?

Alhamdulillah baik. Kuliah saya juga alhamdulillah lancar-lancar.

Daftar Calon Sementara (DCS) DPD RI asal Sumsel sudah ditetapkan. Apa komentar Anda dengan masuk ke daftar calon sementara DPD? (Titi berada di urutan ke-36 berdasarkan abjad)?

Betul. Saya nomor 36 tapi nomor kan tidak jadi masalah buat saya. Masyarakat kan memilih wakilnya bukan karena nomor tapi karena orangnya.

Apa yang akan dilakukan jika berhasil masuk ke daftar calon tetap? Optimis akan menang?

Pertama tentu saya akan melakukan sosialisasi ke masyarakat. Saya akan kampanye keliling daerah se-Sumsel. Saya harus optimis dan tetap berdoa selain berjuang.

Terjun ke dunia politik apakah tidak akan menghambat kegiatan belajar? Bagaimana cara Anda mengatur waktu jika nanti terpilih menjadi anggota DPD. Apalagi sekarang masih berstatus sebagai mahasiswa di luar negeri?

Insya Allah tidak karena dalam waktu dekat kuliah S2 saya selesai. Sekarang dalam tahap akhir. Jadi insya Allah kalau terpilih tidak akan mengganggu kegiatan kuliah lagi.

Kalau terpilih agenda apa yang pertama kali akan dilakukan untuk mendorong kemajuan Sumsel?

Sesuai dengan hak dan kewajiban DPD yang sudah diatur UU secara konsekuen akan diperjuangkan untuk kepentingan daerah.

Apa ide awal yang menggugah Anda untuk menjadi anggota DPD? Ide sendiri atau dari orangtua dan keluarga atau kehendak masyarakat?

Inisiatif itu murni dari diri sendiri. Tapi, tentu saya didukung keluarga. Terutama papa, mama dan teman-teman.

Menurut Anda bagaimana peran serta generasi muda sekarang ini dalam memajukan pembangunan terutama di daerahnya?

Sebenarnya sudah baik. Tetapi akan lebih baik kalau pemerintah memberi peluang lebih bagi kaum muda dalam berbagai bidang. Termasuk berpolitik.

Apa pandangan Anda terhadap budaya luar yang glamor, konsumtif dan masuk ke Indonesia? Ada positifnya gak untuk kaum muda?

Glamor dan konsumtif tentu efek dari kemajuan ekonomi. Tidak semuanya buruk tinggal bagaimana kita mengontrol diri. Dan untuk mengontrol dampak negatifnya adalah tugas semua pihak dan tentunya pemuda harus di bentengi oleh moral dan agama.

Apa tanggapan Anda terhadap banyaknya pejabat yang terjerat kasus korupsi ?

Secara pribadi saya merasa prihatin dengan keadaan ini. Apakah itu dilakukan karena moral yang kurang baik atau karena kebutuhan. Tetapi, saya juga merasa bangga karena adanya penurunan peringkat korupsi negara kita dari tahun-tahun sebelumnya semenjak adanya lembaga pemberantas korupsi (KPK).

Selain akan menjadi politikus profesi apa nantinya yang akan Anda jalankan?

Selama ini saya memang berwiraswasta sejak tamat S1 sudah saya mulai. Saya akan tetap berwiraswasta kalau tidak melanggar aturan yg berlaku.

Anda kan masih 22 tahun. Apa tidak minder nantinya jika sudah duduk di DPD karena boleh jadi Anda anggota DPD yang termuda di Indonesia?

Ya gak lah. Kenapa saya harus minder. Usia muda bukan berarti tidak punya kemampuan. Mudah-mudahan latar pendidikan saya bisa membantu saya menjalankan tugas.

Kapan pulang ke Sumsel dan pesan apa yang akan disampaikan terhadap warga Sumsel khususnya di wilayah OKU, OKU Timur, OKU Selatan dan OKI?

Karena kegiatan kuliah tidak terlalu padat saya juga sering berada di Sumsel. Pesan dan harapan saya mohon untuk dapat memberikan dukungan kepada saya. Insya Allah saya akan menjadi utusan dari masyarakat warga OKU, OKU Timur OKU Selatan dan OKI yg selama ini belum pernah ada perwakilannya di pusat.

sumber: sriwijaya post

Related Posts by Categories



1 komentar:

Anonim mengatakan...

FANTASTIC! move on! The real pearl from the east... for you I'm praying:"May Allah bless you and your family greatly!" amen. I'll vote for you on the 9th of April 2009. You're our admiration; success for you always.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...